in

Keabadian yang terancam: Satu-satunya gletser tropis Indonesia diperkirakan cair tahun 2025

Keabadian yang terancam: Satu-satunya gletser tropis Indonesia diperkirakan cair tahun 2025

YAKARTA: Sejak dulu, murid-murid sekolah dasar Indonesia diajari tentang adanya sesuatu yang menakjubkan di negeri mereka: terdapat lapisan es di Pegunungan Jayawijaya, Papua – satu-satunya gletser tropis di Asia.

Terletak di Puncak Jaya, fenomena alam ini lebih dikenal dengan istilah Salju Abadi.

Namun, dalam beberapa tahun saja, para guru mungkin tak akan bisa lagi menyampaikan fakta geografi menarik ini kepada siswa-siswi mereka.

Setelah ada selama sekitar 5.000 tahun, gletser tersebut kini terancam lenyap. Penelitian menunjukkan bahwa lapisan es tersebut terus mencair hingga sedikit saja yang masih tersisa.

“Tahun di mana gletser tersebut akan menghilang adalah antara 2025 dan 2027,” kata Donaldi Permana, Koordinator Pusat Penelitian dan Pengembangan pada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kepada CNA. Donaldi telah mempelajari Salju Abadi secara ekstensif sejak 2009.

Pemanasan global diyakini merupakan penyebab utama mencairnya gletser tersebut.

Menurut Donaldi, hal ini sudah terjadi sejak revolusi industri pada tahun 1850, ketika negara-negara maju bergeser dari perekonomian agraris ke perekonomian yang didominasi industri. Akibat peralihan tersebut, emisi gas rumah kaca meningkat, menjadikan suhu lebih hangat di mana-mana.

“Tapi kami baru tahu setelah 1990-an, bahwa gletser (di Indonesia) mencair”, ujarnya.

Gunung Jayawijaya terletak di Taman Nasional Lorentz dengan ketinggian 4,884 mdpl. Nama lain untuk gunung tertinggi di Indonesia ini adalah Piramida Carstensz, karena terdiri dari beberapa puncak dengan sebutan yang berbeda-beda, kata Donaldi.

Menurutnya, gletser-gletser tropis lain di Amerika Selatan dan Afrika juga terus mencair.

Akan tetapi, ketinggian Puncak Jaya lebih rendah daripada gunung-gunung bergletser tropis lainnya, sehingga lapisan es di sinilah yang akan lebih dahulu hilang.

Akhir bulan lalu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati juga melaporkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat kemungkinan lenyapnya gletser di Puncak Jaya pada tahun 2025.

Fuente

Written by Redacción NM

El ayuntamiento de Calgary explorará cómo utilizar los ingresos adicionales de las tarifas en las facturas de servicios públicos - Calgary

El ayuntamiento de Calgary explorará cómo utilizar los ingresos adicionales de las tarifas en las facturas de servicios públicos – Calgary

Acciones que realizan los mayores movimientos previos a la comercialización: Twitter, Coca-Cola, Warner Bros. Discovery y más

Acciones que realizan los mayores movimientos previos a la comercialización: Twitter, Coca-Cola, Warner Bros. Discovery y más